Sabtu, 14 Mei 2011

SKRIPSI PAJAK DAERAH KABUPATEN MALANG

ANALISIS VARIABEL – VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PAJAK REKLAME DI KABUPATEN MALANG
ABSTRAK
Pajak Reklame merupakan salah satu macam sumber penerimaan Pajak Daerah yang penting bagi Kabupaten Malang. Hal ini terbukti selama tahun anggaran 1994–2009 penerimaan Pajak Reklame mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Produk Domestik Regional Bruto Perkapita, Jumlah Penduduk, dan Jumlah Industri, terhadap penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, Data diperoleh dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah. Teknik analisis yang digunakan adalah Elastisitas dan analisis regresi yang digunakan adalah regresi linear berganda (Multiple Linier Regression Method) dengan persamaan kuadrat tekecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5 persen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel PDRB Perkapita, Jumlah Industri secara parsial signifikan terhadap penerimaan Pajak Reklame dengan tingkat signifikan kurang dari 5 persen. Sementara variabel Jumlah Penduduk menunjukkan hasil yang tidak signifikan berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Reklame dengan tingkat signifikansi lebih dari 5 persen sebesar 6,1 persen. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen (Jumlah Penduduk, Jumlah Industri, dan PDRB Perkapita) secara bersama-sama dapat menunjukkan signifikan berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Reklame dengan tingkat signifikansi kurang dari 5 persen sebesar 0,000. Nilai R-squared sebesar 0,935 yang berarti sebesar 93,5 persen variasi penerimaan Pajak Reklame dapat dijelaskan dari variasi ketiga variabel independen. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 6,5 persen dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar model.
Kata kunci : Jumlah Penduduk, Jumlah Industri, PDRB Perkapita, Pajak Reklame.


ABSTRACT

Advertisement Tax represent is one of Regional Tax revenue which necessary for the Malang Regency. This matter was proven during the fiscal year1994-2009 income of Advertisement Tax revenues was increased. The purpose of this research was to analysis the influence of Total Population, Number of Industry and Per Capita Gross Regional Domestic Product of Advertisement Tax receipts in the Malang Regency .The Results of this research is expected to give some benefit and input for the Local Government of Malang Regency, particularly the Office of Financial Management Regions. Regression model used was Elasticity and Multiple Linear Regression Method with least square and hypothesis test use t-statistic to test coefficient of regress partial and F-Statistic to test to mean influence by together with level of significant 5 percent.

Partial test results indicate that Total industry, and GDP per capita together can show its significant influence on Advertisement Tax revenue with significantly less on 5 persnt. And than total population test results indicate that not significant influence on Advertisement Tax revenue with significantly more on 5 persnt was 6,1 persent. While Simultaneously test results indicate that overall independent variables (Total Population, Total industry, and GDP per capita) together can show its influence on Advertisement Tax revenue with significantly less on 5 persnt was 0,000. R-squared value for 0,935 amounted to 93,5 percent which means the Advertisement Tax revenue variation can be explained from variations of the three independent variables. While the rest that is equal to 6,5 percent is explained by another causes outside the model.

Keyword : Total Population, Number of Industry, GDP Per Capita, Advertisement Tax.




By: Suhaimi.
Universitas Gajayana Malang

5 komentar: